IC Regulator 3 Kaki 78xx Dan 79xx

Kadangkala kita membutuhkan sumber tegangan dengan voltase (voltage) yang berbeda, sementara catu daya utama terlalu besar untuk digunakan. Hal ini terjadi misalnya saja ketika kita menambahkan sebuah pengatur nada aktif yang membutuhkan tegangan 12 volt DC pada sebuah amplifier audio yang menggunakan tegangan misalnya 18 volt (+) (-) dan rel ground. Membuatkan sebuah adaptor tersendiri tentu bukan sebuah pemecahan yang efesien, apalagi jika tegangan yang dibutuhkan lebih dari satu, misalnya saja 12 volt, 8 volt, 5 volt dsb. Lantas apa solusi terbaik dan termudah?
Perusahaan pembuat komponen elektronik mengetahui hal ini dan berusaha memberikan produk yang akan selalu memanjakan kita agar mudah merakit sebuah rangkaian elektronik yang simple, kompak dan praktis (selain juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan komponen produk mereka tentu saja, he-he-he!). Yah, sebuah serial IC regulator 3 kaki yang sangat kompak dan praktis telah diciptakan sebagai solusi untuk keperluan ini! Kita bisa pilih untuk menggunakannya sesuai keperluan dan tegangan yang dibutuhkan dengan range tegangan input yang sangat lebar, hingga maximal 30 volt.
Ada 2 jenis IC regulator 3 kaki yang tersedia pada serial ini yaitu versi 78xx dan 79xx. Keduanya dapat memberikan supply arus DC out put hingga maximal 1 ampere. Versi 78xx bekerja dengan input tegangan (+) dan outputnya juga berupa tegangan (+), sedangkan yang versi 79xx sebaliknya, yaitu bekerja dengan input (-) dan outputnya juga (-). Kode xx menunjukkan besarnya tegangan output pada IC regulator ini. Contoh misalnya saja type 7809, dia akan mengeluarkan tegangan output sebesar 9 volt (+) dengan input tentu saja juga tegangan positif (+).
Gambar IC regulator 3 kaki seri 78xx dan 79xx serta konfigurasi kaki-kakinya bisa dilihat pada gambar di atas. Kaki no. 1 adalah tegangan input, no. 2 adalah ground dan no. 3 adalah kaki output IC regulator ini. Sebagai catatan, ground di sini tidak selalu bernilai negatif, bisa juga bernilai positif tergantung tegangan input yang kita gunakan (relatif terhadap tegangan input IC regulator ini).
Penggunaan IC regulator 3 kaki ini demikian simple dan praktis hingga kita bisa sisipkan dengan mudah pada tempat-tempat yang sempit dalam sebuah rangkaian elektronik, misalnya saja di kolong ranjang, ha-ha-ha! Ini memungkinkan kita untuk menggunakannya tanpa perlu membuat Printed Circuit Board (PCB) tersendiri, bisa langsung tempel dan mainkan (plug and play). Bahkan kalo mau lebih kompak lagi yang versi SMD juga tersedia dengan bentuknya yang super duper kecil (sekali).
Untuk keperluan arus yang lebih dari 1 ampere tentu saja membutuhkan buffer sebuah transistor daya serta keping pendingin untuk membuang kalor disipasi yang dikeluarkannya sehingga tidak mengalami panas yang berlebihan. Ingat, panas berlebihan adalah musuh peralatan elektronik...!
Beberapa serial IC regulator 78xx adalah 7805, 7808, 7809, 7812, 7815, 7824 dengan tegangan output sesuai dengan 2 angka belakangnya yaitu (+) 5, 8, 9, 12, 15 dan 24 volt. Demikian juga untuk yang seri 79xx adalah 7905, 7908, 7909, 7912, 7915, 7924 dengan tegangan output masing-masing adalah (-) 5, 8, 9, 12, 15, 24 volt. Tegangan output IC regulator ini bisa dibilang relatif stabil dan cukup presisi sehingga hampir bebas ripple dan noise, apalagi jika tegangan inputnya juga sudah cukup stabil. Agar lebih stabil lagi, kita bisa menambahkan sebuah kapasitor elko (electrolite capacitor) dengan harga beberapa uF pada outputnya.

Kita juga bisa menaikkan tegangan outputnya dengan cara menggandengkan dioda silikon (misalnya type 1N 4001) dengan panjar maju pada rel ground IC regulator ini, dengan catatan satu dioda akan memberikan kenaikan tegangan sebesar 0,7 volt. Contoh misalnya saja kita butuh tegangan DC (+) 6 volt (7806 tidak tersedia), maka kita bisa menggunakan 7805 dengan menambahkan 2 buah dioda diserikan dan kita sambungkan pada rel ground (kaki no 2 IC regulator itu) dengan cara bias maju (katoda pada kutub negatif). Lihat pada gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.Dengan demikian outputnya akan menjadi = 5 volt + (2x0,7volt) = 6,4 volt (positif) (mendekati nilai tegangan 6 volt). Untuk menurunkan tegangan outputnya mudah saja, pasang dioda silikon (bias maju juga) pada kaki outputnya maka tegangan outputnya akan turun sebesar 0,7 volt per satu dioda yang ditambahkan (saat tersambung pada rangkaian beban).
Mau lihat contoh rangkaian adaptor yang menggunakan IC regulator ini secara lengkap? Ditunggu aja, bentar lagi aq tampilkan di blog ini, ok?

Recent Post

News

Loading...