Rangkaian Adaptor Menggunukan IC Regulator 3 Kaki

Ini adalah contoh rangkaian adaptor yang sudah pernah saya janjikan pada postingan tentang IC Regulator 3 Kaki. Hm, tumben cepet... hehehe, maap kalo yang laennya suka agak2 terlambat, coz you knowlah... kegiatan saya kan bukan cuma ngurus blog ini aja... (halah, sok sibuk...)
Langsung aja deh kita bahas rangkaian adaptor yang menggunakan IC regulator 3 kaki ini seperti yang tampak pada gambar di atas. Mari kita lihat sama2, yang terdapat pada kotak dengan garis putus-putus itu adalah rangkaian adaptor konvensional yang tanpa menggunakan rangkaian regulator tegangan. Seperti umumnya sebuah adaptor, komponen utamanya adalah sebuah trafo stepdown, dioda bridge dan kapasitor elektrolit sebagai perata. Pada rangkaian tersebut trafo yang digunakan adalah trafo jenis CT yaitu trafo yang memiliki 2 tegangan output dengan CT (Center Tep) di tengah sehingga outputnya berupa tegangan (+) dan (-) dengan rel ground 0 volt.
Output dari rangkaian tersebut sudah pasti tidak stabil dan masih penuh dengan ripple meskipun sudah ditambahkan kapasitor elektrolit perata di dalamnya. Nah, setelah kita tambahkan IC regulator 3 kaki pada rangkaian adaptor konvensional ini maka tegangan outputnya menjadi stabil. Besarnya tegangan output ini tentu saja sesuai dengan type IC regulator 3 kaki yang kita gunakan. Kita tambahkan juga kapasitor elektrolit sebesar 10 uF agar lebih stabil lagi.


Pada contoh rangkaian ini, IC regulator yang digunakan adalah type 7812 dan 7912 sehingga tegangan keluarannya adalah sebesar 12 volt (+) dan (-) dengan rel ground 0 volt. IC regulator ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dengan cara pemasangannya seperti pada gambar di atas itu. Jika yang dibutuhkan hanya tegangan positif saja maka tidak perlu menggunakan yang type 79xx. Trafonya bisa menggunakan trafo minimal 1 ampere, bisa CT maupun 0 volt terserah. Meski kita gunakan trafo yang lebih besar, arus keluarannya akan tetap maksimal 1 ampere (sesuai dengan arus maksimal yang bisa disupply oleh IC regulator 3 kaki yang kita bahas ini).
Sedangkan tegangan trafonya harus lebih tinggi dari tegangan output IC regulator yang akan kita gunakan (minimal 3 volt di atasnya). Contohnya saja kita menggunakan regulator type 7812 seperti yang tampak pada gambar, maka tegangan trafo yg bisa digunakan adalah minimal 15 volt, ini secara kasarnya saja meskipun mungkin pada kenyataannya tegangan 12 volt juga bisa dipake. Mengapa bisa demikian? Ah, sudah jangan banyak nanya deh, ntar dijelasin malah bingung... hehehe! Pokoknya secara mudahnya pake aja tegangan minimal 3 volt di atas tegangan output IC regulator ini biar kerjanya normal, dan maksimal adalah 30 volt, jangan lebih atau kamu terpaksa beli baru lagi! Satu lagi, jangan lupa memasang keping pendingin pada IC regulator ini dan menambahkan pasta silikon agar awet dan tidak cepat rusak.
Lantas apakah bisa kita gunakan IC regulator 7805 (karena mungkin perlu untuk catu daya IC-IC TTL pada logic circuit) sementara yang tersedia adalah tegangan DC (+) 24 Volt misalnya? Sangat bisa sekali... hehehe! Langsung aja tancepin 7805 dan tegangan (+) 5 volt sudah langsung siap dipake! Nah di sinilah praktisnya penggunaan IC regulator 3 kaki ini... so jangan lupa selalu gunakan IC regulator 3 kaki dimanapun anda berada... hayaah pesan sponsor lageee...!

Recent Post

News

Loading...